Dibawah ini adalah rangkuman pertanyaan yang saya terima melalui [email protected] dan akun Twitter @bepe20 dalam satu bulan terakhir..


1. Bagaimana kondisi persija sekarang?


#. Banyak mengalami perubahan.. Para pemain berpengalaman kami memang banyak yang pergi, akan tetapi saat ini kami juga memiliki pemain-pemain muda yang memiliki potensi untuk menggantikan mereka.. Memang butuh waktu untuk membuat tim ini padu, tetapi saya yakin jika tim ini mempunyai prospek yang bagus.. Orientasi kami telah berubah, dahulu kami mendatangkan bintang dan saat ini kami ingin mencoba untuk melahirkan bintang..


 


2. Peluang persija dimusim ini?


#. Masih terlalu dini untuk membicarakan hal tersebut, mengingat liga baru saja bergulir.. Menurut saya semua tim memiliki peluang yang sama, walaupun sejujurnya tim-tim seperti Pelita Jaya, Persipura, Persib dan Sriwijaya berada sedikit di depan kontestan yang lain.. Akan tetapi kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dalam sepakbola, sangat menarik untuk di tunggu siapa yang akan tersenyum dan siapa yang akan bersedih di akhir kompetisi nanti..


 


3. Di mata serorang bepe, kondisi sepakbola indonesia bagaimana?


#.  Jauh dari kata baik.. Saya tidak ingin mengatakan jika era sekarang lebih buruk dari era sebelumnya, akan tetapi dari apa yg tersaji saat ini, jelas juga tidak dapat dikatan lebih baik dari era sebelumnya.. Unsur-unsur politik masih terasa sangat berperan, dan itu adalah "Pekerjaan Rumah" terbesar kita selama ini yang belum juga mampu kita selesaikan.. Hilangkan dulu unsur tersebut, baru kita dapat berbicara mengenai sepakbola secara sehat..


 


4. Bagaimana tanggapan bepe dengan tidak dibolehkan-nya para pemain yang berlaga di ISL membela tim nasional?


#.  Dengan berat hati harus saya katakan bahwa "Saya Sangat Setuju" dengan keputusan tersebut.. Ini bukan keputusan Djohar Arifin ataupun Nurdin Halid (kita tahu dulu juga pernah melakukan hal yang sama terhadapat pemain LPI), ini keputusan FIFA yang mau tidak mau harus kita hormati.. Ini adalah sebuah konsekuensi jika bermain di liga yang berada di luar induk organisasi, jika para pemain merasa tidak puas maka pemain tersebut dapat berpindah klub ke liga yang resmi, ini semua masalah keyakinan dalam hati..


 


5. Buku bepe20 telah laris terjual, adakah keinginan untuk meliris lagi buku ke dua?


#.  Saya sangat bersyukur jika pada akhirnya buku saya "Ketika Jemariku Menari" dapat di terima dengan baik oleh masyarakat.. Buku ini lebih tepat jika di sebut "Catatan Harian" daripada "Biography" karena berisi catatan keseharian saya baik sebagai pesepakbola maupun pribadi.. Kalaupun nanti ada buku kedua saya, maka akan lebih kepada sebuah Biography lengkap mengenai karir saya..


 


6. Kira-kira kapan dan apa materi dan judul buku tersebut?


#. Akan lebih pas jika Biography saya terbit menjelang atau setelah saya resmi gantung sepatu, jadi buku tersebut juga akan menjadi lembaran terakhir untuk menutup karir sepakbola saya.. Materinya tentu lanjutan isi blog saya bambangpamungkas20.com yang belum di buat di buku sebelumnya, ditambah hal-hal rahasia mengenai karir saya yang tidak semua orang tau.. Mungkin judulnya akan demikian "BUKUBEPE20: The Untold Story" hehehe..


 


7. Sekarang kok mainnya lebih jadi gelandang bukan target man lagi, tanggapannya.?


#.  Saat masih bermain di Diklat Salatiga saya adalah seorang gelandang serang.. Tugas saya melayani Gendut Doni (Persikota) dan Nova Arianto (Sriwijaya FC) yang ketika itu menjadi duet striker andalan kami, jadi posisi ini seharusnya bukan menjadi hal yang baru bagi saya.. Jikalau saat ini hasilnya belum maksimal, maka artinya saya harus lebih banyak belajar kembali..


 


8. Maaf tips mengeksekusi penalti biar jitu selain latihan rutin apa sih.?


#.  Dalam mengeksekusi pinalti mental mempunyai peranan yang sangat besar.. Tehnik menendang memang berpengaruh, akan tetapi penguasaan emosi menjadi faktor utama.. Berusahalah untuk se-rileks mungkin tanpa mengurangi fokus, jangan terburu-buru dan yang paling penting "Hindari kontak mata dengan penjaga gawang".. Karena terkadang beberapa penjaga gawang mempunyai kemampuan untuk mengintimidasi, sehingga membuat kita ragu untuk menentukan kemana arah bola..


 


9. Kapan anda mau legowo gantung sepatu, untuk memberi kesempatan kepada yang muda.?


#. Setiap hari setelah selesai dicuci, sepatu saya memang selalu saya gantung agar cepat kering hehehe.. Sebagai pemain senior, tugas saya adalah membimbing pemain-pemain junior dan memberikan atmosphere persaingan yang kompetitif serta sehat.. Dengan iklim persaingan yang kompetitif dan sehat akan membantu membentuk karakter mereka sebagai pesepakbola muda, cepat atau lambat mereka-merka pasti akan mengalahkan saya..


 


10.  Apa pendapat Anda mengenai Coach Iwan Setiawan yang tergolong masih muda dan kurang berpengalaman menangani tim-tim besar.?


#.  Mungkin tidak banyak orang tahu jika Coach Iwan Setiawan sudah memiliki licensi A AFC sejak usia 29 th, beliau juga pernah menimba ilmu di Belanda (KNVB), artinya beliau juga bukan pelatih sembarangan.. Jika selama ini publik belum begitu mengenal sosoknya, mungkin karena beliau belum mendapat kesempatan untuk membesut tim-tim besar di negeri ini.. Kurang bijaksana rasanya jika kita menilai seorang pelatih sebelum pelatih tersebut melaksanakan tugasnya, biarkan Coach Iwan Setiawan melaksanakan tugasnya dengan tenang, seiring berjalannya waktu kita akan tahu apakah beliau sukses atau gagal dalam menangani Persija Jakarta..


 


11.  Dalam bio Twitter Anda @bepe20 tertulis "Pribadi yang selalu berusaha berpikir positif, percaya diri dan optimis". Apa arti kata optimis menurut Anda.?


#. Mungkin quote ini dapat menjabarkannya, "For me optimism is two lovers walking into the sunset arm in arm, whatever appeals to you" - Krzysztof Kieslowski..


 


12.  Pernah nulis kartu valentine atau ulang tahun ke mba Dewi gak, kalo pernah apa kalimat yang paling di ingat.?


#. Ini kalimat di kartu ucapan ulang tahun terakhir saya ke Dewi, "If I had to choose between breathing and loving you, I would use my last breath to tell you that I love you".. #Hallaah hehehe..


 


13. Salah satu hobi Anda adalah membaca, kalo boleh tahu apa buku terakhir yang Anda beli.?


#. Seingat saya buku Biography Paul Merson yang berjudul "How Not To Be a Professional Footballer".. Buku ini sangat unik dan lucu, karena menceritakan mengenai kenakalan-kenakalan pemain sepakbola yang tidak sepatutnya terjadi, buku ini banyak memberi pembelajaran..


 


14. Kenapa kalo main bola tidak pernah terlihat emosi, malah pas dikasari terkadang lawannya disalami.?


#. "Mereka yang hanya bergantung pada pedang mungkin kuat dalam persenjataan, akan tetapi lemah dalam pemikiran.. Karena pada kenyataannya membunuh tidak selalu harus dengan cara yang menyakitkan".. Semoga dapat mengartikan kalimat diatas hehehe..  


 


15.  Mengingat Persija banyak di isi oleh para pemain muda dari akademi Persija, siapa pemain yang paling potensial menurut bepe?


#. Rhamdani Lestaluhu, Andrytani Adhiyasa dan Hasim Kipuw yang musim sebelumnya belum banyak mendapatkan kesempatan bermain, saat ini sudah menjadi kerangka utama tim, Ngurah Nanak juga selalu tampil bagus saat salah satu diantara Fabiano atau Precious tidak dapat tampil.. Disamping itu saya tertarik dengan permainan Rudi Setiawan, Alan Martha dan Delton Stevano Wohon yang menurut saya sangat potensial.. Mereka-mereka lah nantinya yang akan menjadi kekuatan Persija Jakarta dimasa-masa yang akan datang..


 


Semoga jawaban-jawaban saya diatas dapat memuaskan rekan-rekan sekalian. Jika ada pertanyaan yang lain silakan kirim ke [email protected] atau akun twitter saya di @bepe20.. Selamat berakhir pekan dan salam untuk anggota keluarga Anda sekalian.. Selesai..