Salah satu modal utama olahragawan dalam menjalani karir adalah kondisi fisik yang bugar. Itulah mengapa selain pola latihan pola makan, dan pola istirahat sangatlah penting bagi seorang olahragawan. Pada artikel kali ini saya ingin sedikit membahas mengenai pentingnya pola makan, bagaimana, dan apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi seorang olahragawan.


Asupan gizi menjadi sangat penting bagi olahragawan, mengingat dari sanalah sumber bahan bakar utama seorang olahragawan dalam menjalani aktivitas kesehariannya. Menu makanan yang baik dan seimbang akan membuat seorang atlet memiliki tubuh yang bugar, fit, serta selalu memiliki determinasi yang tinggi.


Olahragawan disarankan untuk menghindari makanan tak sehat, dan minuman bersoda. Karen hal tersebut berpotensi menggangu kinerja tubuh kita. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat sebanyak, dan sesegar mungkin. Pola makan yang benar akan mengurangi potensi cedera yang diakibatkan oleh kurangnya asupan gizi.


Makanan sehat yang seimbang bagi olahragawan haruslah mengandung:


Karbohidrat:


Untuk menjaga pasokan energi, seorang atlet memerlukan makanan yang kaya akan karbohidrat. Karbohidrat misalnya dapat diperoleh dari aneka jenis pasta gandum seperti makaroni, spaghetti, ravioli, lasagna dsb.


Bagaimana dengan nasi putih? Nasi putih tentu saja boleh, namun akan lebih baik lagi jika mengkonsumsi nasi merah, dimana lebih banyak mengandung serat. Sumber karbohidrat lain bisa didapat dari kentang, ubi jalar yang sebaiknya direbus bukan digoreng. Untuk roti pilih produk roti rendah lemak yang bernutrisi, seperti roti multi grain, atau roti gandum.


Protein:


Protein penting bagi olahragawan untuk membangun dan memperbaiki kondisi otot yang bisa jadi mengalami masalah semasa menjalankan aktivitas. Fungsi dasar protein dalam bentuk asam amino adalah membantu pertumbuhan dan kekuatan otot, dimana hal tersebut sangat penting untuk kinerja seorang atlet. Olahragawan membutuhkan hampir dua kali lipat jumlah asupan protein,  daripada rata-rata orang dewasa.


Protein dapat diperoleh dari telur, daging, ikan, ayam, tahu, tempe, keju dan juga kacang-kacangan. Yang sekali lagi sebaiknya direbus atau dibakar, bukan digoreng.


Kemudian Zat Besi, Vitamin & Mineral:


Vitamin dan mineral tidak memberi energi, akan tetapi mereka memainkan peran kunci dalam metabolisme karbohidrat, dan lemak yang merupakan bahan bakar utama otot selama latihan. Mereka juga terlibat dalam perbaikan, dan pembangunan protein otot sebagai respon dari latihan. Oleh karena itu zat besi, vitamin dan moneral sangat penting bagi olahragawan


Sayur dan buah tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, dan ini adalah dasar dari diet yang seimbang. Sayuran dan buah-buahan akan mencukupi kebutuhan zat besi, kalsium, karbohidrat, dan juga protein. 


Semua jenis sayuran, terutama sayur berwarna hijau seperti bayam, selada, daun bawang, brokoli, asparagus, kacang polong, kubis dan kacang-kacangan, tinggi akan kandungan mineral  seperti kalsium, zat besi, dan vitamin-vitamin lainnya


Terakhir adalah Air:


Minum air dalam jumlah yang cukup akan menjaga kesehatan seorang olahragawan. Minum air dapat memastikan racun cepat keluar dari sistem, suplai ulang oksigen ke seluruh tubuh , dan menyediakan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Seorang atlet harus minum air sebanyak dua kali dari jumlah yang disarankan bagi manusia rata-rata. Hal penting yang seringkali kita terlupakan.


Nah sebagai atlet nasional, saya terbiasa mengkonsumsi makanan-makanan seperti yang saya sebut diatas. Walaupun tidak dapat saya pungkiri, sebagai pecinta wisata kuliner sering juga saya melakukan kesenangan-kesenangan kecil dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sedikit keluar jalur. 


Namun sudah barang tentu dengan frequensi, situasi, dan jumlah yang sangat terkontrol. Saya atau kami biasanya melakukan apa yang kami sebut guilty pleasure tersebut di paling lambat H-2 sebelum pertandingan


Sehari sebelum pertandingan adalah hari paling penting bagi seorang atlet, dimana dihari tersebut kami akan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Utamanya yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein. Malam sebelum tidur juga sangat dianjurkan untuk meminum air putih setidaknya sebanyak satu liter.


Sedang keesokan harinya menjelang pertandingan porsi makan kami biasanya akan dijaga, kami hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang sifatnya lebih ringan dan mudah dicerna oleh tubuh. Makanan yang sifatnya pedas juga sangat dilarang. Tujuannya agar kinerja tubuh lebih terkontrol, sehingga lebih siap dalam menghadapi pertandingan.


Satu atau dua jam menjelang pertandingan buah biasanya pisang dan apel, menjadi pilihan. Selain itu untuk menambah tenaga disediakan juga coklat hitam batangan, dan juga snack bar.


Menjaga pola makan adalah salah satu faktor paling penting dalam menjaga kesehatan. Tidak hanya bagi olahragawan, namun juga siapa saja yang ingin menjalani hidup lebih sehat. Mengingat kesehatan adalah modal utama bagi setiap orang dalam menjalani aktivitias setiap hari.


Jadi siapapun anda, dan berprofesi sebagai apapun anda, menjaga pola makan yang sehat dan berimbang, serta dibarengi dengan olahraga yang teratur tidak akan pernah salah. Karena hal tersebut hanya akan membuat anda menjadi lebih sehat, enerjik, dan memiliki determinasi tinggi.


Selesai....