*1.   Mohon ceritakan perjalanan hidup semasa kecil, terutama yg berhubungan dengan dunia sepakbola..


*#    Sejujurnya saya menjadi pemain sepakbola lebih karena sebuah keterpaksaan.. Saat saya kecil, ayah saya adalah pelatih sepakbola di perusahaan tempat ayah saya bekerja, ketiga kakak laki-laki saya juga bermain di klub tersebut.. Sehingga mau tidak mau, setiap sore saya harus ikut mereka ke lapangan sepakbola, hal tersebut membuat saya sedikit demi sedikit mulai mengenal sepakbola.. Dan hal tersebut berkembang menjadi sebuah ketertarikan untuk menekuninya, saya sendiri mulai serius belajar bermain sepakbola dengan baik dan benar di usia 8 tahun..


*2.   Semasa kecil terpikir tidak bisa menjadi bintang seperti sekarang…


*#    Hahaha, sama sekali tidak.. Cita-cita saya sejak kecil hanyalah ingin menjadi seorang guru, dan cita-cita itu masih ada sampai saat ini..


*3    Mohon ceritakan juga kesulitan-kesulitan atau kendala semasa kecil dalam mewujudkan cita-cita sebagai pemain sepakbola…


*#    Kesulitan terbesar saya adalah meyakinkan kedua orang tua saya, agar memberi restu kepada saya untuk menjadi pemain sepakbola, terutama ibu saya.. Sebagai keluarga yg biasa-biasa saja, maka mereka ingin saya besekolah dengan tekun dan menjadi pegawai negeri, itu saja..


*4.   Siapa yg memberi inspirasi BP untuk menjadi pemain sepakbola..?? Jelaskan kenapa..??


*#    Kurniawan Dwi Julianto.. Saat itu antara th 1994/95, saya rasa semua orang mengenal siapa itu Kurniawan, yg saat itu memperkuat timnas primavera.. Kebetulan Kurniawan adalah lulusan Diklat Salatiga, yg notabene tempat dimana saya berasal, jika seorang Kurniawan bisa dan mampu menjadi pemain sukses, mengapa saya tidak.. Dan sejak itulah saya menetapkan diri untuk menjadi pemain sepakbola.. Setiap orang pasti mempunyai idola, dan saya tidak akan pernah malu atau segan mengatakan  jika Kurniawan Dwi Julianto adalah idola saya..


*5.   BP sangat menyukai Inter Milan, kenapa..?? Kalau klub dan pemain di Indonesia yg di sukai semasa kecil siapa..??


*#    Ini sedikit lucu.. Saya menyukai Inter Milan, karena warna jerseynya terlihat bagus dimata saya (Red: Baca artikel “Interista sejati sejak 1990″), sama seperti alasan saya menyukai timnas argentina hahaha.. Bambang Kecil adalah pendukung Pelita Jaya, alasannya karena di sana ada pemain idola saya, yaitu Kurniawan.. Jika anda bertanya untuk saat ini, jelas saya adalah pendukung Persija Jakarta hehehe..


*6.   Apa komentar atau tanggapan orang tua ketika BP memilih untuk menjadi pemain sepakbola..??


*#    Saya di besarkan oleh orang tua yg selalu memberikan kebebasan yg sebesar-besarnya kepada anak-anaknya untuk memilih dan menentukan sikab, selama kami dapat mempertanggung jawabkan pilihan tersebut.. Orang tua saya hanya memberika wejangan, masukan dan membenarkan jika ada sesuatu yg salah serta keluar jalur.. Kepercayaan besar tersebut, membuat saya merasa bertanggung jawab secara moral untuk mampu menjawabnya dengan keberhasilan…


*7.   Siapa yg paling berpengaruh pada karir BP..??


*#    Sebelum saya menikah, tentu kedua orang tua saya.. Karena mereka lah yg meletakkan pondasi dasar saya sebagai sebuah pribadi.. Setelah saya menikah, maka istri dan ke tiga putri saya masuk ke dalam orang-orang yg sangat berpengaruh bagi karir saya.. Karena sejatinya, apa yg saya lakukan selama ini hanyalah untuk mereka, orang-orang yg saya cintai..


*8.   Ketika kecil bagaimana membagi waktu antara sekolah dengan bermain bola juga bermain..


*#    Dahulu saya bersekolah di Salatiga yg jaraknya 20 menit dari kampung saya di Getas, sedangkan SSB (Sekolah Sepakbola) saya berada di Ungaran yg 1  jam dari Salatiga.. Jadi biasanya di hari latihan, saya berangkat sekolah jam 5:30 pagi, sekalian membawa pakaian untuk berlatih di sore hari.. Sehingga setelah pulang sekolah, saya dapat langsung berangkat ke Ungaran untuk berlatih, tanpa harus pulang ke rumah lagi (Hal itu untuk mempersingkat waktu dan juga biaya tentunya).. Saya baru akan sampai di rumah  kembali biasanya jam 8 malam.. Itu saya lakukan 3 kali dalam seminggu, saat saya duduk di kelas 1 SMP sampai kelas 3 SMP..


*9.   Pernah bosan atau jenuh menjadi pemain sepakbola tidak..?? Bagaimana mengatasinya..??


*#    Dalam profesi apapun, saya yakin rasa bosan itu suatu saat pasti datang menghampiri, begitu pula saya sebagai pemain sepakbola.. Cara saya menghindari kejenuhan mungkin sedikit aneh.. Yaitu, sebagai pemain sepakbola saya tidak suka menonton pertandingan sepakbola apapun (kecuali Inter Milan).. Disaat-saat senggang, saya berusaha untuk sebisa mungkin menghindari semua kegiatan yg berhubungan dengan sepakbola.. Saya lebih suka menghabiskan waktu bersama istri dan ketiga putri saya..


*10.  Bagaimana pula mengatur waktu untuk keluarga..??


*#     Setiap kali tidak ada jadwal ke luar kota bersama Persija maupun timnas, saya selalu berusaha menghabiskan waktu bersama keluarga saya.. Saya lebih suka mengikuti jadwal keseharian anak-anak saya, seperti mengantar jemput mereka sekolah, bermain, les, berenang dsb.. Daripada mengajak mereka mengikuti kegiatan atau keinginan saya.. Dengan demikian saya dapat mengikuti kegiatan mereka sehari-hari yg telah banyak saya lewatkan..


*11.  BP termasuk pemain panutan karena bersih,tidak pernah bermasalah, dan jarang dapat kartu.. Apa kuncinya..??


*#     Prinsip saya dalam bermain sepakbola adalah “Hormati siapapun lawanmu akan tetapi jangan pernah takut melawan siapapun”.. Saya selalu berusaha menghormati siapapun lawan saya, karena pada hakekatnya sepakbola tidak lebih dari sekedar sebuah olahraga, dimana sepakbola dimainkan secara sportif untuk menjalin persahabatan.. Lagipula dengan bermain sopan dan saling menghargai, kita dapat memberikan contoh kepada para supporter, jika “Berbeda bendera bukan berarti tidak bisa bersahabat” mengingat kerusuhan supporter di Indonesia yg sudah sedemikian parah.. Sejujurnya para pelaku sepakbola, khususnya pemain dapat berperan besar untuk memberi contoh-contoh prilaku yg baik.. Lagipula secara pribadi, saya mempunyai tanggung jawab moral untuk memberikan contoh-contoh yg baik kepada generasi pemain sebakbola di bawah saya..


*12.  Setelah sukses menjadi pemain sepakbola, apa impian yg belum terwujud dan masih ingin di wujudkan..??


*#     Saya adalah pribadi yg tidak pernah berhenti untuk bermimpi.. Salah satu impian terbesar saya dalam dunia sepakbola, adalah berpartisipasi dalam event Piala Dunia (Sebagai apapun).. Mungkin sebagai pemain, impian itu sangat berat walaupun bukan hal yg mustahil.. Akan tetapi sebagai pelatih, assisten pelatih, manager, jurnalis atau wasit kesempatan saya masih sangat terbuka lebar.. Setelah di Piala dunia yg lalu, saya sempat menyaksikan langsung di Afrika Selatan sebagai penonton.. Maka saya harap suatu saat nanti, saya akan hadir sebagai peserta, syukur-syukur menjadi pelatih untuk tim nasional Indonesia hehehe.. Bukankah kita tidak pernah tau apa yg akan terjadi dimasa yg akan datang..


*13.  Jiwa sosial dan kepedulian Bp terhadap sesama termasuk tinggi. Apa pendapat BP tentang kehidupan sosial dan membantu orang lain..?? Punya cerita atau pengalaman sosial..??


*#     Sebagai publik figure, kita diberikan kesempatan untuk memberikan 2 dampak yg sangat bertolak belakang kepada masyarakat, yaitu positif maupun negatif.. Karena sebagai orang yg sedikit sebanyak di kenal orang, maka kita bagaikan di letakkan diatas microscope, dimana semua hal yg berkaitan dengan diri kita akan di nilai oleh masyarakat.. Saya selalu ingat sebuah kalimat yg berbunyi “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yg bermanfaat bagi sesamanya”.. Saya hanya berusaha untuk membuat diri saya bermanfaat bagi orang lain, walaupun dalam skala yg sangat kecil.. Suatu saat, saya pernah diajak oleh seorang sahabat, untuk berkunjung ke Rumah Sakit Kanker Dharmais guna memberikan support kepada anak-anak pengidap kanker.. Seketika saya teringat dengan anak-anak saya, yg notabene masih seumuran dengan mereka, saat itu saya sempat meneteskan airmata.. Sejak saat itu, saya bertekat untuk berusaha meluangkan sedikit waktu saya untuk hal-hal yg bersifat sosial..


*14.  BP pernah menyumbang kaos timnas untuk di lelang dan disumbangkan untuk HIV/AIDS. Apa komentarnya..??


*#     Saya sangat berterima kasih, karena di beri kesempatan untuk menyumbangkan sesuatu walaupun hanya dalam bentuk kecil.. Kebetulan, saya juga menjadi salah satu duta Indonesia, dalam Lace up save lives.. Sebuah kampanye untuk memerangi AIDS/HIV di afrika, acara ini sendiri di gagas oleh sebuah apparel olahraga yaitu Nike..


*15.  Kalau tidak salah BP punya yayasan yg membantu anak-anak. Mohon di ceritakan dan kegiatannya apa..??


*#     Iya betul, berawal dari obrolan chat ringan di website pribadi saya, kebetulan saya dan beberapa sahabat memiliki kesamaan ide dan niat baik.. Yayasan ini bergerak untuk membantu sekolah-sekolah di tingkat dasar yg kurang mampu (Taman bermain), hal ini sesuai dengan cita-cita saya yg ingin menjadi guru hehehe.. Untuk sementara, kami mendapatkan pemasukan dari hasil penjualan baju yg seratus persen hasilnya untuk yayasan ini.. Karena anggota kami yg masih bersifat sukarela, maka sampai saat ini kami belum berani menerima sumbangan dari pihak luar, walaupun sudah lumayan banyak pihak yg mempunyai niat baik untuk membantu.. Alhamdulillah kegiatan kami sudah berjalan 2 tahun, walaupun kegiatannya belum begitu aktif, mengingat sumber dana kami yg hanya berasal dari hasil penjualan baju yayasan.. Insya Allah kedepan kami akan mencoba untuk lebih aktif lagi…


*16.  Jika tidak bermain sepakbola lagi, apa sudah punya rencana mau apa..??


*#      Sejujurnya sampai saat ini belum terpikir di benak saya, ingin menjadi apa setelah pensiun nanti.. Menjadi pelatih adalah salah satu obsesi saya, disisi lain saya masih bercita-cita untuk menjadi guru, chef atau malah penulis hehehe.. Kita lihat saja nanti, sejujurnya saya masih belum tau.. Karena saya masih ingin bermain sepakbola, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan….


*17.  Tulisan soal loyalitas di website BP sangat bagus, bisa di ceritakan inti dari cerita tersebut..??


*#      Hahaha, iya tulisan itu memang sedikit sentimentil.. Inti dari apa yg saya sampaikan dalam tulisan tersebut adalah, memang dalam hidup uang sangat penting, akan tetapi pada kenyataannya uang bukanlah hal utama atau segalanya.. Kita tidak dapat memungkiri, jika ada hal-hal lain yg bernilai jauh lebih penting daripada sekedar segepok uang, yaitu rasa cinta dan kenyamanan hati.. Karena kita mungkin dapat membohongi orang lain, akan tetapi kita tidak akan pernah berhasil membohongi diri sendiri..


*18.   Bersediakah untuk terus kampanye kepedulian terhadap HIV/AIDS bersama Syair Untuk Sahabat Foundation..??


*#       Dengan senang hati mas.. Saya akan sangat berterima kasih jika di beri kesempatan untuk turut berpartisipasi, tentunya dengan menyesuaikan waktu saya sebagai pemain sepakbola, yg merupakan pekerjaan utama saya…


NB: Pertanyaan diatas di kirim melalui email oleh saudara Yudie Oktav (@Yudie_Oktav) mewakili Syair Untuk sahabat foundation…


Selesai…