Hari ini Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) akan kembali melakukan kegiatan solidaritas yang ditujukan untuk sesama pesepakbola di Indonesia. Bertempat di lapangan Simprug (Pertamina), kali ini untuk pemain Persija Jakarta, dan juga tim nasional Indonesia Alfin Tuadalamony.

Acara bertajuk "Alfin Bisa" ini adalah kelanjutan program #SolidaritasPesepakbola dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia. Sebelumnya kita juga pernah membuat acara solidaritas serupa untuk Almarhum Akli Fairuz dari Persiraja Banda Aceh.

Untuk acara solidaritas pesepakbola kali ini kita menggandeng produsen olahraga Specs, Munial Sport Group Management, dan juga Dompet Duafa. Tujuannya agar efek dari gerakan solidaritas ini menjadi lebih terasa, dan hasilnya juga menjadi lebih maksimal.

#SolidaritasPesepakbola sendiri adalah sebuah acara penggalangan dana yang dilakukan oleh para pesepakbola di Indonesia, dengan tujuan untuk membantu sesama rekan seprofesi yang kebetulan tengah mengalami kesulitan.

Saat ini sebenarnya banyak sekali pesepakbola yang tengah mengalami permasalahan ekonomi di negeri ini. Hal tersebut berkaitan dengan berhentinya segala aktifitas kompetisi di Indonesia.


Kami memilih Alfin Tuasalamony karena melihat kondisinya yang serba terbatas, dalam menjalani proses penyembuhan dari cedera serius yang menimpanya (patah kaki). Hal tersebut berkaitan dengan hak-haknya sebagai pesepakbola yang sampai saat ini belum diselesaikan oleh klubnya.


Terlebih lagi melihat kurangnya perhatian dari pihak-pihak yang seharusnya turut serta membantu, dan mengawal proses penyembuhan cederanya. Mengingat status Alfin sendiri selain sebagai pemain Persija Jakarta, adalah juga pemain tim nasional Indonesia.

Alfin adalah contoh nyata terlalu sibuknya para stakeholder sepakbola kita dalam berseteru memperjuangkan kepentingan masing-masing. Sehingga lupa, dan lalai terhadap salah satu aset masa depan sepakbola Indonesia yang dalam hal ini membutuhkan support, baik secara material maupun spiritual.

Gerakan ini adalah wujud nyata rasa solidaritas para pesepakbola kepada rekan seprofesi yang tengah mengalami musibah. Dahulu kita melakukan gerakan ini untuk Almarhum Akli Fairuz, kali ini untuk Alfin Tuasalamony. Kedepan tidak menutup kemungkinan kita akan melakukan gerakan serupa untuk pesepakbola lain yang sedang mengalami musibah.

Didasari dengan niat yang baik, semoga acara #SolidaritasPesepakbola sore ini diberikan kelancaran oleh Allah SWT, sehingga dapat memberikan dampak, dan juga hasil yang maksimal.

Akhir sekali, semoga acara ini juga dapat membuka hati mereka-mereka yang saat ini tengah berseteru, memperjuangkan sesuatu yang bisa jadi sebenarnya tidak mereka pahami.

Selesai ...