Tanya - Jawab


1
Deskripsikan diri Anda sebagai pesepakbola?

Saya tipikal pesepakbola yang lebih mengandalkan skill dan intelegensi serta sebisa mungkin meminimalisasi benturan, walaupun saya tidak akan menghindar jika diharuskan terjadi benturan..

2
Apa arti sepakbola bagi seorang Bambang Pamungkas?

Bambang kecil menganggap sepakbola hanya sebatas hobi, yang ketika saya memainkannya akan timbul rasa gembira dan kepuasan yang luar biasa. Sedangkan sekarang, sepakbola sudah menjadi sebuah pekerjaan yang membuat kita dibayar untuk memainkan, serta membuat orang membayar untuk menyaksikannya. Sehingga kita diwajibkan untuk selalu menjaga kondisi dan permainan kita tetap pada level terbaik, walaupun terkadang harus mengorbankan kesenangan pribadi, tetapi itulah Profesional..

3
Adakah ritual yang dilakukan sebelum pertandingan?

Biasanya saya sholat malam sebelum pertandingan, selebihnya saya mendengar musik pada hari pertandingan yang biasanya lagu-lagu klasik seperti Vivaldi, Bach dan Mozart karena membantu saya untuk lebih rileks dan konsentrasi. Sedangkan menjelang pertandingan, saya lebih suka mendengarkan lagu-lagu Hip Hop seperti Eminem, Mistykal, 50 Cent atau Jay Z, karena mampu menyalakan andrenalin saya untuk menghadapi pertandingan. Dan yang paling penting, di manapun saya bertanding, saya selalu berusaha memohon doa restu dari kedua orang tua dan istri saya melalui telepon..

4
Selama karir Anda sejauh ini mana pertandingan yang paling berkesan?

Banyak pertandingan yang berkesan bagi saya, akan tetapi yang paling berkesan mungkin ketika Final Tiger Cup 2001 di Gelora Bung Karno,  Indonesia Vs Thailand. Sebuah atmosphere yang sangat luar biasa, 110 ribu supporter memadati stadion, suatu keadaan yang tidak pernah terbayangkan dalam benak saya sebelumnya. Ini pertama kali saya bermain di depan begitu banyak supporter di Gelora Bung Karno. Walaupun akhirnya kita kalah, akan tetapi pertandingan itu membuat saya merasa bangga telah memilih sepakbola sebagai profesi..

5
Pada Final Liga Indonesia ke-7 Anda mendapatkan kartu kuning akan tetapi Anda malah memeluk wasit. Bisa dijelaskan kenapa!

Yah.. saat itu saya mendapatkan kartu kuning karena wasit menilai saya melakukan diving, padahal sebenarnya saya terjatuh karena mendapatkan tekel dari Josept Lewono, walaupun tidak terlalu keras. Sebenarnya saya sempat jengkel, akan tetapi apa yang bisa saya perbuat ketika wasit sudah membuat keputusan, apapun yang kita lakukan tidak akan merubah keputusan itu. Lalu saya memeluknya, dengan begitu saya mempu memberikan kesan kepada wasit, bahwa saya tidak berusaha membohonginya. Dan lebih dari pada itu, jika saya membuat reaksi yang berlebihan bukan tidak mungkin saya akan mendapatkan kartu merah dan itu akan sangat merugikan tim..

6
Ketika Anda bermain di Malaysia adakah perlakuan merendahkan dari masyarakat setempat karena status Anda sebagai orang Indonesia?, karena kita tau sebagian besar orang Indonesia yang datang ke Malaysia hanya bekerja sebagai buruh

Saya rasa tidak pernah, akan tetapi iri memang ada karena sebagai orang Indonesia saya dan Ellie dinilai sukses di bidang kami. Akan tetapi hampir semua dalam batasan wajar hanya beberapa yang berlebihan, secara keseluruhan 2 tahun di Selangor cukup menyenangkan..

7
Mana yang lebih menyenangkan menurut Anda bermain bola ketika anda masih berumur 18 tahun atau setelah Anda menjadi pro?

Sejujurnya saya lebih menikmati sepakbola ketika masih 18 tahun, karena tidak ada tekanan di sana dan saya bebas melakukan apapun untuk kesenangan saya. Sedangkan sekarang sepakbola sudah menjadi pekerjaan,  sehingga banyak tekanan baik dari diri sendiri, management maupun supporter untuk selalu memberikan hasil terbaik. Dan untuk itu kita harus selalu fokus, sehingga terkadang harus mengorbankan kesenangan pribadi, akan tetapi itulah profesional..

8
Kapan dan di mana Anda merasa sangat bahagia sebagai seorang pemain dan sebagai pribadi?

Ketika saya mampu memberikan kemampuan terbaik saya dalam suatu pertandingan serta mampu memenangkan pertandingan itu. Sebagai pribadi saya merasa bahagia ketika saya mampu membuat orang-orang yang saya cintai bahagia terutama kedua orang tua, istri serta ketiga putri saya..

9
Sebaliknya kapan Anda merasa berada pada titik paling rendah sebagai pemain dan pribadi?

Ketika kalah dalam pertandingan penting dan membuat tim tidak mencapai target yang diberikan. Ketika itu terjadi, terkadang saya merasa ingin berhenti bermain bola dan itu adalah pemikiran yang salah itu, terjadi karena emosi sesaat. Sebagai pribadi, ketika saya tidak bisa memberikan yang terbaik kepada orang-orang yang saya cintai dan saat itu terjadi, terkadang saya merasa tidak berguna..

10
Menurut Anda karir sepakbola Anda sejauh ini adalah bagus, ok, sangat bagus atau seharusnya bisa lebih baik?

Saya sangat bangga dengan pencapaian saya sejauh ini, walaupun dalam beberapa hal seharusnya saya mampu melangkah lebih jauh. Akan tetapi menurut saya karir saya Briliant..

Buku

Buku Bambang Pamungkas, Ketika Jemariku Menari