25 Desember 2014.


Wawancara Dengan Top Skor:


1. Mengapa Anda memilih kembali ke persija untuk periode ketiga. Apa yang ingin dicapai, atau ada yg belum dicapai bersama persija?


# Pertanyaan yang sulit. Alhamdulillah hampir semua gelar domestik sudah saya rasakan bersama Persija Jakarta. Namun saya pikir bukan itu, bukan apa yang ingin atau belum dicapai, namun lebih kepada keinginan untuk mengulangi dan mengakhiri semuanya disini.


2. Usia Anda sudah 34 saat ini. Bagaimana jika Anda membandingkan situasinya dengan ketika Anda jadi pahlawan musim 2001.?


# Beberapa hal tentu telah berubah. Sebagai pemain saat ini saya jauh lebih dewasa dari 14 tahun yang lalu, namun secara secara konfisi fisik sudah barang tentu saya tidak sebugar saat itu. Hal tersebut membuat saya lebih mengandalkan strategi daripada kekuatan fisik dalam bermain. 


Yang tidak berubah adalah karakter saya, sekarang dan dahulu saya tetaplah pribadi yang sama memiliki ambisi besar, percaya diri tinggi, dan selalu termotivasi untuk menjadi lebih baik dalam setiap kesempatan.


3. Setelah Persib bisa juara, musim depan tuntutan The Jak makin tinggi. Sebagai kapten Persija, apa Anda merasa memikul beban yg berat?


# Saya tidak akan pulang jika Persija tidak memiliki target, atau harapan yang besar untuk musim mendatang. Dalam dunia profesional tekanan itu perlu karena hal tersebut akan membuat anda selalu terjaga, dan terpacu untuk memberikan yang terbaik. Apakah itu menjadi sebuah beban.? saya pikir tidak, hal tersebut malah lebih menjadi sebuah motivasi daripada beban.


4. Bisa dijelaskan mulai kapan Anda atau Persija membuka peluang utk come back? Siapa yg memulai pembicaraan terlebih dulu? Anda atau Persija?


# Pada suatu siang Pak Ferry menghubungi saya, karena tengah mengajar maka saya tidak mengangkat telefon tersebut. Kemudian saya menghubungi balik, dalam pembicaraan tersebut Pak Ferry meminta saya untuk kembali musim depan, jawaban saya ketika itu adalah "Kembali ke Persija akan menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi saya, tidak ada masalah. 


Namun saya baru ingin berbicara secara detail, setelah saya menyelesaikan tanggung jawab saya bersama PBR (itu terjadi tanggal 1 Oktober)". Kemudian kami berbicara lebih lanjut di pertengahan November, saat liga sudah selesai.


5. Apakah proses negosiasi berlangsung rumit dan lama.?


# Saya pikir tidak. Semua berjalan lancar. 


6. Apakah ada kekhawatiran Persija akan kesulitan membayar gaji pemain lagi? Mengingat gaji musim 2014 saja masih ditunggak 3 bulan?


# Sejujurnya akan selalu ada kemungkinan untuk hal tersebut terjadi kembali, walaupun tentu ada banyak hal yang kami bicarakan termasuk jaminan sebelum menandatangani kontrak. Mereka memiliki waktu hingga verifikasi pertengahan Januari untuk menyelesaikan tunggakan kepada pemain lama. 


Namun saya tetaplah manusia yang sama, dan saya yakin Persija Jakarta paham betul dengan hal tersebut. Artinya jika pada akhirnya masalah tersebut kembali terjadi, maka saya akan kembali menjadi pemain pertama yang berhadapan dengan menejemen, sama persis seperti tiga musim yang lalu. 


7. Bicara masalah teknis, bagaimana Anda melihat sosok pelatih RD utk musim depan?


# Membicarakan sosok pelatih menjadi sesuatu yang selalu saya hindari. Setiap pelatih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga Coach RD. Saya hanya ingin mengucapkan selamat karena telah kembali ke Persija, dan berharap Persija kembali sukses dibawah kendali Coach RD, karena beliau memiliki kapasitas untuk melakukan hal tersebut.


8. Bagaimana Anda menilai kerja manajemen dalam merekrut pemain, baik asing maupun lokal. Apakah sudah pas? 


# Rekrutmen pemain tentu tidak lepas dari peran serta pelatih, mengingat pelatihlah yang paling mengerti tipe pemain seperti apa yang dibutuhkan untuk membangun sebuah tim sesuai dengan karakter yang ia inginkan. Dan sejauh ini nampaknya menejemen cukup mengakomodir keinginan tersebut, hal itu tentu patut diapresiasi.


9. Apakah Anda yakin dapat tempat utama dalam skuat Rahmad Darmawan? Mengingat persaingan di lini depan makin ketat, ada Greg dan Kabayev, termasuk striker incaran lainnya.


# Semakin banyak stok pemain depan yang dimiliki sebuah tim maka akan semakin bagus. Hal tersebut membuat pelatih memiliki banyak pilihan dalam menjalankan strateginya. Apakah saya layak bermain atau tidak, tentu tergantung dari kinerja saya saat latihan. Saya pikir semua striker yang ada memiliki kesempatan yang sama untuk memikat hati pelatih. 


10. Musim depan jika Anda cetak gol ke gawang PBR apakah jg tidak akan selebrasi seperti musim 2014 saat bobol gawang Persija?


# Saya pikir iya. Saya tidak akan pernah merayakan gol ke gawang tim yang pernah saya bela, hal tersebut sebagai wujud dari penghormatan saya terhadap mereka...


Selesai....