Pada tanggal 18 Agustus kemarin, melalui salah seorang sahabat, saya diminta untuk menulis sebuah surat kepada tim Indonesia yang tengah berlaga di Homeless World cup 2013 Poznan, Polandia. Surat tersebut bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi, kepada seluruh anggota tim yang akan menjalani partai terakhir melawan Rumania di hari yang sama.


Mengingat waktunya yang begitu mendadak, maka saya hanya memilik waktu kurang-lebih satu jam untuk menyusun surat tersebut. Dengan sedikit kerja keras akhirnya surat tersebut pun dapat tersusun, saya pun segera mengirim surat tersebut melalui email, kira-kira 30 menit sebelum pertandingan digelar.


Dibawah ini adalah isi dari surat saya kepada tim Indonesia tersebut:


 


Assalamualaikum Wr-Wb.


Salam semangat untuk Ujang Yakup dan rekan-rekan dari Rumah Cemara.

Awal sekali perkenankanlah saya untuk meyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan sekalian.

Saya adalah satu dari sekian banyak warga Indonesia yang mengikuti, dan mendoakan perjuangan rekan-rekan sekalian selama gelaran Homeless World Cup 2013 di Poznan, Polandia.

Membela nama bangsa dan negara adalah sebuah tanggung jawab sekaligus kebanggaan. Sebuah kesempatan untuk memikul tanggung jawab yang tidak semua orang bisa dapatkan. Sebuah kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan sekedar mata uang. Perasaan yang saya yakin saat ini tengah rekan-rekan sekalian rasakan.

Yang membedakan seorang pejuang dengan pecundang, adalah keberanian untuk mencoba. Oleh karena itu, hari ini tunjukkanlah kepada semua orang bahwa rekan-rekan sekalian adalah para pejuang. Para pejuang yang berani  memikul tanggung jawab, dan mencoba untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara.

Selamat bertanding melawan Rumania. Semoga semangat hari kemerdekaan ini dapat menjalar sampai ke Poznan, dan memberikan tambahan motivasi dan semangat juang bagi rekan-rekan sekalian.

"Bermainlah untuk dirimu sendiri. Orang-orang yang kamu cintai (keluarga). Dan lambang garuda di dadamu (rakyar Indonesia).

Doa kami seluruh rakyat Indonesia akan menyertai perjuangan kalian.

Wassalamualaikum Wr-Wb.

Salam hormat

Bambang Pamungkas.