Suatu pagi, sesaat setelah timnas melakukan latihan rutin menjelang piala AFF di lapangan C senayan, ada seseorang rekan wartawan menemui saya. Orang tersebut memperkenalkan diri dengan nama Martinus dari majalah FourFourTwo Indonesia, dia berkata jika ingin membuat profil saya untuk majalah tersebut diatas..


Awalnya saya sempat menolak, akan tetapi setelah melakukan pembicaraan beberapa saat, akhirnya sayapun menyetujuinya. Saya menyetujuinya dengan satu syarat, yaitu wawancara dilakukan melalui email, disamping untuk mempermudah keadaan, wawancara melalui email juga akan terasa lebih nyaman, baik untuk penanya maupun bagi saya sendiri..


Secara pribadi, saya memang merasa lebih nyaman jika menjawab pertanyaan melalui email. Karena disamping tidak perlu susah-susah untuk mengatur waktu ketemu, tentu juga akan membuat si penanya dapat menerima jawaban saya secara detail, tanpa harus bersusah payah mencatat jawaban yg terkadang malah membuat jawaban tadi menjadi membingungkan…


Dengan melalui email, saya dapat menjawab pertanyaan kapan saja saya mempunyai waktu luang. Biasanya saya akan menjawab nya di waktu setelah makan malam, dimana saya mempunyai waktu bebas tanpa ada kegiatan yg berhubungan dengan tim..


Biasanya saya akan meminta waktu tidak lebih dari 2 x 24 jam untuk mengirim kembali jawaban tersebut. Satu hal yg paling penting, dengan melakukan wawancara melalui email, saya membunyai bahan yg valid untuk saya share di situs pribadi saya. Dengan begitu, rekan-rekan semua dapat membandingkan hasil wawancara tersebut dalam versi aslinya dengan versi cetak di majalah, sehingga jika terdapat kesalahan pemuatan atau terjadi penambahan atau pengurangan dari versi aslinya, maka rekan-rekan dapat mengoreksinya sendiri…


Karena secara jujur saya katakan, jika saya sering merasa tidak puas dengan hasil wawancara secara langsung, karena sering apa yg di muat tidak sesuai dengan apa yg di sampaikan. Mungkin sebenarnya hal tersebut tidak dilakukan dengan sengaja, mungkin hal tersebut terjadi karena mereka harus mencatat dengan cepat jawaban-jawaban saya, sehingga seringkali terjadi kesalahan penulisan ataupun kekurangan..


Saya rasa hal tersebut juga di alami oleh pemain-pemain yg lain, yg terkadang merasa kurang puas dengan hasil wawancara yg di muat di media. Di belahan dunia manapun dan dalam profesi apapun, akan selalu ada sedikit ruang diantara para wartawan dan narasumbernya yg tidak dapat terisi dengan baik , maka dari itu saya lebih suka menjawab pertanyaan melalui email. Tidak ada sedikitpun dalam benak saya untuk ingin menjadi eksklusif, semua itu saya saya lakukan agar terjadi kerjasama yg baik, saling menghargai dan tidak saling merugikan. Itu saja, tidak lebih dan tidak kurang…


Dibawah ini saya lampirkan hasil wawancara saya dengan saudara Martinus Raya Bangun dari Majalah FourFourTwo yg kami lakukan melaui email. Melalui artikel ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada saudara Martinus karena telah mau menerima syarat yg saya kemukakan, terima kasih atas kerja samanya…


*Wawancara dengan majalah FourFourTwo*


1, Seiring dengan bertambahnya usia, bisa dibilang piala AFF 2010 adalah kesempatan potensial anda yg terakhir untuk mempersenmbahkan gelar bagi Indonesia.. Punya target atau motifasi khusus soal itu..??


# Saya sangat bersyukur karena di tengah perombakan besar-besaran yg dilakukan timnas Indonesia, saya masih di percaya untuk memakai seragam kebesaran merah-putih.. Saya tidak dapat memungkiri jika mungkin ini adalah kesempatan terakhir saya untuk mempersembahkan sesuatu untuk persepakbolaan Indonesia.. Bagi saya target tim adalah yg paling utama, sedangkan target pribadi menyusul tepat dibelakangnya.. Jadi yg terpenting saat ini adalah, bagaimana saya dapat menjalankan dengan baik tugas yg di berikan pelatih dan membawa tim ini meraih prestasi yg maksimal.. Prestasi timnas saat ini mungkin membuat banyak kalangan pesimis.. Akan tetapi secara pribadi saya akan terus berusaha memberikan kemampuan terbaik saya, “Karena dengan berhenti berusaha, maka kita tidak lebih baik dari seorang pengecut”…


2, Sebagai salah satu kandidat kapten di skuad merah-putih, bagaimana anda melihat kesiapan tim menjelang bergulirnya piala AFF..?? Apakah anda merasa skuad yg ada saat ini cukup kompetitif untuk meraih gelar..??


# Sejujurnya tim ini memang tergolong baru, mengingat banyak sekali pemain muda yg di panggil untuk AFF kali ini.. Dari segi pengalaman bermain di level internasional, mungkin mereka masih sangat minim, akan tetapi dari segi motifasi tentu mereka sedikit lebih dari punggawa-punggawa yg sudah lama.. Dalam setiap latihan, saya melihat mereka sangat termotifasi untuk membuktikan, jika mereka memang layak bermain untuk merah-putih.. Dan itu adalah sebuah pertanda awal yg sangat positif menurut saya…


3, Bagaimana pendapat anda tentang peta persaingan di group A..?? Apa informasi yg anda ketahui tentang kekuatan Thailand dan Malaysia..?? (Mungkin dari pengalaman anda bermain di timnas senior atau saat anda berkarir di Malaysia)


# Thailand akan selalu menjadi lawan yg sulit bagi Indonesia, boleh di bilang mereka adalah tim terbaik di kawasan ini.. Akan tetapi saya optimis, dengan bemain di Jakarta dan tentunya dengan dukungan suporter kita yg fanatik, kita akan mampu membuat perhitungan dengan mereka.. Sedangkan Malaysia sendiri, dalam kurun 10 th terakhir kita memang lebih banyak memenangkan pertandingan.. Akan tetapi dengan prestasi terakhir mereka yg berhasil menjuarai sea games, itu artinya mereka juga mempunyai sebuah tim yg cukup kuat.. Sedangkan Laos sendiri juga tidak dapat di pandang sebelah mata, karena persepakbolaan mereka juga cukup berkembang akhir-akhir ini.. Saya rasa group ini akan sangat ketat..


4, Skuad tim nasional yg di persiapkan ke piala AFF 2010 di isi beberapa muka baru dan muda. sebagai salah satu pemain senior, apakah anda merasa kehadiran pemain-pemain tersebut mampu memberika tambahan kekuatan untuk timnas..??


# Seperti yg saya katakan diatas tadi, jika para pemain muda ini sangat termotifasi dalam menyongsong AFF kali ini.. Disamping itu tentu dengan banyaknya pemain baru, tentu akan membuat lawan sedikit sulit untuk meraba kekuatan kita.. Jadi saya sependapat jika saat ini kita mempunyai sebuah kekuatan yg baru…


5, Selain pemain muda , tim nas juga kedatangan pemain naturalisasi seperti Cristian Gonzalez. Seberapa penting menurut anda kehadiran pemain naturalisasi di timnas..?? Apakah anda merasa posisi anda terancam..??


#    Mengenai Cristian Gonzales tentu kita semua sudah tau kualitas dia sebagai seorang bomber, jumlah gol yg dia torehkan selama ini cukup mendiskripsikan siapa itu Crisgo.. Akan selalu menjadi hal yg bagus bagi tim, jika kita mempunyai banyak pilihan di lini depan.. Masalah nantinya akan berada di pelatih kepala, karena mungkin akan sedikit sulit bagi Riedl dalam menentukan pilihan.. *Dan ketika seorang pelatih telah mengambil keputusan, maka setiap pemain harus menghormatinya, karena memang begitulah cara kerja orang-orang profesional*. Secara pribadi saya siap bersaing dengan siapapun, tidak ada masalah dengan hal tersebut hehehe..


6, Beberapa pihak menilai jika penampilan anda telah menurun. Apakah anda setuju dengan pendapat tersebut..?? Bagaimana tanggapan anda..??


# Setiap orang memiliki pandangan yg berbeda dalam menilai seorang pemain maupun sebuah pertandingan sepakbola.. Sejujurnya dalam beberapa hal, saya setuju dengan pendapat mereka, 6 bulan terakhir memang tidak begitu berjalan baik bagi saya.. Terkadang kenyataan memang tidak seindah yg kita bayangkan, akan tetapi dengan mencetak 5 gol dalam 7 pertandingan awal musim ini, tentu itu merupakan modal positif bagi saya, dan itu membuat saya merasa baik-baik saja…


7, FourFourTwo sendiri menilai jika anda termasuk salah satu dari sedikit pemain smart dan memiliki visi yg cukup baik di Indonesia. Apa tanggapan anda..??


#     Hahahahaha sedikit agak berlebihan menurut saya, akan tetapi terima kasih untuk penilaian anda..


8, Terkait faktor usia, apakah anda sempat berfikir untuk berganti posisi, misalnya penyerang lubang atau playmaker..??


# Saya tidak pernah mempunyai masalah dimainkan di posisi manapun oleh pelatih.. Saya selalu berusaha menghormati keputusan pelatih, karena pelatihlah yg paling tau apa yg terbaik untuk tim ini.. Jika anda cermati, di timnas akhir-akhir ini saya bermain sedikit di belakang striker utama.. Satu yg pasti, saya akan selalu berusaha untuk memberikan kemampuan terbaik saya dan mensuport tim, baik di atas lapangan, dari bangku cadangan maupun dari tribun penonton..


9, Di luar negeri, masih banyak pemain, terutama pemain depan yg masih bisa mempertahankan performanya meski sudah berusia 30 th ke atas. Apakah kira-kira anda bisa melakukan hal tersebut dan menjadi pelopornya di Indonesia..??


#    Bagi saya sepakbola sudah menjadi sebuah profesi, dimana saya di bayar untuk memainkannya dan membuat orang membayar untuk menonton saya bermain.. Di butuhkan fisik maupun mental yg kuat untuk memainkan olahraga ini, karena akan selalu ada tekanan disana, baik tekanan dari klub, penonton maupun dari dalam diri sendiri..  Dan iya, saya akan tetap bermain, sampai suatu saat nanti tubuh, hati dan pikiran saya mengatakan jika saya harus berhenti..


10, Apakah perbedaan bermain di bawah benny Dollo (Timnas dan Persija), Rahmad Darmawan (Persija) dan Alfred Riedl (Timnas)..??


#    Sebelumnya saya mohon maaf.. Di luar kebiasaan saya untuk mengomentari pelatih, rekan setim, klub maupun mantan klub di media.. Apa yg bisa saya katakan adalah, setiap pelatih pasti mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan Benny Dollo, Rahmad Darmawan maupun Alfred Riedl…


NB:


* Kata yg di cetak tebal di jawaban nomer (5) sengaja saya tambahkan saat membaca ulang jawaban-jawaban saya 2 hari kemudian. Jadi mungkin tidak akan di temui di edisi cetak di Majalah FourFourTwo Indonesia..


* Pertanyaaan diatas, di kirim melalui email oleh saudara Martinus Raya bangun atas nama Majalah FourFourTwo Indonesia, pada tgl 8 November 2010 (19:39 WIB) dan saya mengirim kembali jawaban tersebut pada tgl 10 November 2010 (13:23 WIB)..


Selesai..