Ketika kita berbicara tentang dunia olah raga di Indonesia tentu sangat sulit untuk mengesampingkan para produsen rokok di negeri ini. Walaupun pada hakekatnya rokok itu sendiri membahayakan kesehatan sehingga sangat bertolak belakang dengan tujuan utama dari olah raga, akan tetapi tidak bisa kita pungkiri bahwa perkembangan dunia olah raga di negeri ini mempunyai ketergantungan yang sangat erat terhadap para produsen rokok. Seperti kita ketahui hampir di semua cabang olah raga di Indonesia disponsori oleh produsen rokok mulai dari sepakbola, bola volly, basket, balap, dll.


Dalam cabang sepakbola sendiri, dari pertama kali Liga Indonesia mulai digelar, para produsen rokok sangat mendominasi. Seperti saat ini 2 hajatan terbesar sepakbola kita disponsori oleh produsen rokok Djarum Super untuk Liga Indonesia dan Djie Sam Soe untuk Copa Indonesia. Walaupun masih banyak hal yang harus dibenahi akan tetapi komitmen dan kerja keras kedua brand ini dalam memajukan persepakbolaan di Indonesia patut kita acungi jempol. Salah satu wujud apresiasi dan kepedulian itu adalah dengan diadakannya ajang Anugerah Bola Emas Copa Djie Sam Soe yang menurut saya sangat luar biasa. Terlepas dari saya sendiri mendapat 2 penghargaan sebagai Best Striker dan Best Duet bersama Aliyudin akan tetapi ini adalah ajang penghargaan pertama dimana para atlet diperlakukan sangat istimewa.


Ajang yang mempunyai 6 kategori terbaik ini diadakan dengan sangat mewah di Ballroom Hotel Mulia, Senayan, dimana para nominator diperlakukan layaknya bintang, serta bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa tiket menyaksikan Final Euro 2008 di Austria. Enam kategori itu sendiri terdiri dari penjaga gawang terbaik (Ferry Rotinsulu), pemain belakang terbaik (Ricardo Salampesi), gelandang terbaik (Eduard Ivakdalam), penyerang terbaik (Bambang Pamungkas), pelatih terbaik (Rahmad Darmawan), duet terbaik (Aliyudin & Bambang Pamungkas) juga penghargaan untuk sesepuh sepakbola kita, Dr Endang Witarsa, atas jasa-jasanya dalam dunia sepakbola Indonesia. Dan acara itu sendiri dimeriahkan oleh para artis dan legenda sepakbola Indonesia. Ini suatu hal yang baru dan pantas dipertahankan untuk tahun tahun mendatang karena dengan adanya acara seperti ini tentu akan membuat para pemain lebih terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk diri mereka sendiri dan dunia sepakbola Indonesia. Semoga dengan diadakannya acara seperti ini sepakbola kita kedepan akan lebih baik lagi..